Wujudkan Sumur Wakaf di Palestina

Sahabat, taukah kita bagaimana kabar saudara/i kita di Palestina saat ini ?

Israel telah menolak akses warga Palestina ke seluruh Sungai Yordan yang menjadi salah satu sumber air utama. Sehingga, lebih dari 80% air tanah di Tepi Barat digunakan oleh pemukim Israel. Israel juga telah memasang penjagaan dari banyak sumur dalam di sepanjang perbatasan Gaza, yang dengan cara ini mengekstraksi banyak air tanah sebelum mencapai Gaza.

Krisis kemanusiaan yang masih terjadi di Palestina merupakan salah satu penyebab terbesar timbulnya sejumlah penyakit yang menyapa. Lebih dari minimnya sumber air, bahwa kualitas airnya pun telah terkontaminasi. Selain kadar garam yang sangat tinggi, gempuran ratusan kali rudal Israel sejak sengketa belasan tahun lalu menjadi salah satu penyebab utama pencemaran air di Gaza.

Sangat buruknya kualitas air di Gaza menyebabkan peningkatan tajam gastroenteritis, penyakit ginjal, kanker pediatrik, marasmus dan gizi buruk pada bayi. Krisis air bersih juga berdampak pada kesehatan ratusan ribu anak di Gaza. Lapisan akuifer di tanah Gaza yang rusak parah tidak lagi mampu menyaring salinitas (kadar keasinan) dan tingginya kadar nitrat di air. Mengonsumsi air yang dengan kadar nitrat yang tinggi dapat menyebabkan terjadinya gagal ginjal dan sindrom bayi biru atau “blue baby syndrome” (methehemoglobinemia), yakni kondisi tubuh yang mengalami keracunan sebab kadar nitrat yang tinggi.

Seluruh wilayah Palestina saat ini sulit untuk mendapatkan air bersih, termasuk 48 wilayah yang dijajah lebih dari 72 tahun. Bantuan sumur wakaf yang kita bersama berikan akan sangat bermanfaat bagi kehidupan penduduk Gaza Palestina.

Sahabat, Sudahkah wakafkan harta terbaik kita ? Yuk, bersama-sama abadikan kebaikan dengan mewujudkan sumur wakaf sebagai sumber air untuk kehidupan di Palestina melalui rekening BSM 3331002002 a.n. Lembaga Wakaf Nurul Taqwa. Informasi dan Konfirmasi Wakaf 08558121121.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *